Bahaya, Penipuan Kiriman Paket Dari Luar Negeri

Belakangan ini banyak kabar tentang penipuan kiriman barang dari luar negeri yang paketnya berisi uang(pecahan dollar/pundsterling), laptop Apple, Iphone, Perhiasan, Tas, dll. Dan yang katanya barang tertahan oleh bea cukai dan calon korban (penerima) harus mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu yang tidak diketahui asal-usulnya.

Diduga penipuan ini dilakukan oleh sindikat bernama Nigerian SweetHeart Scam. Sindikiat ini diduga berasal dari United Kingdoom ini sudah banyak menipu banyak korban, Walaupun perbandingan yang tertipu dan yang tidak tertipu sekitrar 50%-50% tapi kita musti waspada dan selalu mengingatkan orang terdekat kita.

Mari kita simak beberapa pengalaman orang-orang berikut yang terkena jerat penipuan dan yang berhasil lolos dari jerat penipuan.

Nigerian SweetHeart Scam, Scamming, Penipu, Kiriman Paket Luar Negeri, Kiriman paket, Orang asing ngirim paket, Bea Cukai
Ilustrasi pengiriman paket luar negeri

Calon korban yang berhasil lolos, yang dikutip dari kompasiana

KISAH DINA.
Awal perkenalanku  dengan Collins  biasa saja, hanya sebuah pesan pendek yang memuji kecantikanku. Pesan kedua panjang banget  kayak novel. Aku tahu ciri khas  Nigerian selalu menggunakan kata  am (maksudnya I am- feydown) dan menyebut nama di ikuti dengan by name. Aku pura pura jatuh cinta,  terpanah asmara si Collins

Aku ikuti permainannya. Dia mengaku seorang engineer berumur 43 tahun. Pernah menikah tapi istrinya meninggal saat melahirkan bayi,  lalu beberapa hari kemudian bayinya meninggal karena prematur. Lalu kubilang  turut berduka cita. ( sengaja bikin kisah tragis biar korban terlena dan terharu -Fey Down)
Kini Collins  tinggal bersama ibunya karena ayahnya juga sudah meninggal dan mewariskan saham di salah satu perusahaan Malaysia.   Katanya dua minggu lagi,  dia bersama ibunya mau terbang ke Malaysia mengurus saham yang sudah berbentuk cash check senilai 2 juta US dollar. Aku tersenyum saja dan pura pura percaya karena aku ingin tahu gimana cara Collins  minta duit.  Lalu dia minta nomor HP dan dia kasih nomor HPnya dengan kode +447 (aslinya nih scammer udah ada di Malaysia cuma dia pakai +447 Follow Me Number yang bisa di akses dari negara mana saja).

Setelah sampai di Malaysia , Collins kirim SMS padaku dengan nomor Malaysia , katanya sedang mengurus clearance di perusahaan untuk mengambil check.  Dia sudah bayar 50.000 US dollar dan masih kurang 1500 US dollar.( repot amat harus bayar lagi,  tinggal potong aja dari check jutaan – Fey Down) Collins membujukku agar meminjamkan uang agar semua urusan beres dan bisa cepat terbang menemuiku di Hongkong. Dia juga bilang kesehatan ibunya tak memungkinkan untuk lama lama di Malaysia.

Saat telpon actingnya sambil nangis dan merayu bahwa ia akan segera kembalikan uangku setelah check dicairkan. Kujawab aja begini : ” Aku tak punya uang sebanyak itu, tapi kamu tak usah khawatir. Aku punya teman yang anggap aku adik sendiri. Aku bisa telpon kapan saja dan dia siap bantu kalau aku butuh. Temanku ini  orang  Malaysia dan anak orang kaya. Kenalannya  kebanyakan polisi Malaysia. . Dengan check sebanyak itu kamu akan aman bersamanya.

Tolong sebutkan nama hotel tempat tinggal kamu biar nanti temanku dan teman temannya kesana membawa uang.  Kamu pasti aman bersama mereka. ” Jawabannya cuma singkat saja “Ntar deh aku pikir dulu.Setelah itu dia kabur dan FB ku di blok. (Good job Dina,  two thumbs buat kamu – fey down)

Baca Juga 20 HP 1 Jutaan Terbaru di Januari 2021

KISAH YUNITA.
Tiga bulan lalu aku berkenalan dengan Jones Penny lewat Facebook, lalu dia kirim pesan ke inboxku banyak banget. Mengaku kontraktor , status duda anak satu usia 6 tahun dan istrinya meninggal saat melahirkan. Si anak dititip disebuah yayasan di London. Belum lama ayahnya juga meninggal, kebetulan dia anak satu satunya. Dalam waktu dekat Jones  akan terbang ke Malaysia untuk mengurus clain asuransi milik ayahnya.

Aku pura pura bego dan percaya saja. (sinetron scammers, masa tinggal di London asuransinya di Malaysia – Fey Down) Beberapa hari kemudian Jones mengabari sudah sampai di Malaysia. Dua hari kemudian dia mengeluh karena asuransinya tak bisa cair dan harus dipancing dulu ( kayak ikan dipancing – ha ha ha ha). Katanya ATM dia udah over limit maka mau pinjam sama aku 500 poundsterling.
Aku jawab begini : ” Aku ngga berani transfer uang sebanyak itu,  tapi mungkin bisa minta tolong kakakku yang kerja di salah satu hotel di Malaysia, biar nanti kakak ku yang antar sendiri ke tempat kamu. ” Si Jones sangat marah, aku dikatain idiot dan akun ku di blokir.

Aku ketawa geli, jangan dikira semua cewek bisa dikibulin dengan rayuan.  Aku sumpahin biar scammers pada cepat mati kebanyakan makan uang haram. (Good job Yunita,  two thumbs buat kamu – fey down).

AdyOne yang dikutip dari aresavana
hahaha baru saja saya mengalami hal yang sama seorang mengaku wanita inggris dengan ibu indonesia mau datang ke indonesia dan minta menjadi teman selama di indonesia dengan seribu rayuan maut. saya ikuti saja maunya termasuk yang memaksa agar saya mencintai dia (aneh kan? dan itu menjadi saya selamat dari hal yang mustahil karena agak janggal memaksa seseorang harus jatuh cinta).

Kemudian dia bilang mau ke indonesia dan mengirim barang berupa laptop, ipad dan camera yang didalamnya berisi uang 20.000 pounds !! saya agak setengah terpengaruh juga dan menanti paket tersebut. sampai ada kabar dari perusahaan pengirim paket kalau paketnya tertahan bea cukai di malaysia karena ketahuan ada uang di dalamnya dan saya harus bayar 4.490 ringgit malaysia (disini anehnya masa bea cukai akan meloloskan uang dengan harus membayar denda?) . Disitu saya tambah waspada dan saya bilang bukan tanggung jawab saya untuk membayar dan minta saja ke si pengirim. saya beritahu teman di London dan dia pun memaksa saya untuk menyelesaikannya di malaysia. saya jawab dengan logika2 yang masuk akal dan saya bilang kalau saya tidak perlu barang2 tersebut. akhirnya setelah yakin tidak bisa memperdaya saya mereka2 pun tidak bisa dihubungi lagi alias email dan ym nya sudah terhapus. JADI HATI2 JANGAN TERLALU BERHARAP DENGAN HAL2 YANG BERLEBIHAN DAN TIDAK LOGIS (KADANG TANPA SADAR BISA DIMENGERTI SEPERTI BENAR ADANYA) Kekhawatiran bisa terjadi kalau korban adalah orang yang benar2 kesepian ataupun belum berpengalaman dalam hal cinta. bisa cepat terbuai dan akhirnya masuk perangkap mereka.

Berikut ini kisah orang-orang yang menjadi korban yang saya kutip dari aresavana

Baca Juga Cara Melacak Nomor Penerbangan Pesawat Via Flightradar24

nisa
saya juga jadi korban penipuan seperti itu tepat 1 minggu yang lalu. ada bule mengaku bernama Daniel dari Birmingham inggris, bekerja sebagai General Manager di sebuah perusaan bonafide. awal kenalan lewat FB lalu minta nomor WA. biasanya paling malas meladeni yang seperti ini tapi ntah kenapa kali ini no WA saya berikan. setelah beberapa hari pertemanan dia mengatakan akan membelikan kado untuk ibunya dan memaksa minta alamat saya. katanya akan membelikan kado untuk saya sebagai tanda pertemanan. sore harinya di kembali menghubungi saya dan mengirimkan foto paket yang bertuliskan nama dan alamat saya, nama pengirim lengkap dengan dengan nama jasa pengiriman barang internasional yang berisi perhiasan dan barang-barang mewah lainnya serta uang. setelah 3 hari barang akan sampai.

Benar setelah 3 hari ada wanita dengan nomor indosat menghubungi saya dan meminta uang 8 juta untuk uang pajak barang tersebut masuk ke indonesia karena barang yang dikirimkan adalah barang-barang mewah dan uang itu pun saya transferkan. tak lama kemudian wanita itu kembali mengirimkan SMS dan mengatakan bagian scanner menemukan uang 20.000 pound karena itu saya bisa kena masalah besar, bisa jadi tersangka money laundry, saya diminta untuk mengirimkan kembali uang 22 juta agar paket beserta uangnya bisa lolos, bersamaan dengan itu si bule itu terus meyakinkan saya agar saya berusaha agar mentransferkan uang itu agar paket itu bisa sampai ke tangan saya dan bodohnya saya ikut apa kata-katanya sampai-sampai saya meminta orang tua dan keluarga saya untuk menggadaikan perhiasan agar mendapatkan uang 22 juta dan uang itupun saya transferkan kembali.

Sore harinya saya seperti tersadar kalau saya sudah tertipu lalu saya mengghubungi bule tersebut namun dia tetap bersikap manis, menenangkan saya dan mengatakan paket saya pasti akan sampai besok hari. keesokan harinya wanita itu kembali menghubungi saya dan meminta agar pengirim paket mengirimkan sertifikat bebas money laundry jika tidak saya harus membayarkan kembali 45 juta rupiah. bersamaan dengan itu si bule terus meyakinkan saya agar saya mentransferkan uang tersebut agar uang yang ada di paket tersebut akan ditransferkan lewat rekening saya. saya menolaknya karena memang sudah tau ini hanya modus penipuan tapi sayangnya uang saya 30 juta yang saya dapatkan dari pinjaman jadi lenyap. sekarang uang tersebut sudah saya iklaskan. saya mensharingkan hal ini agar tidak ada lagi wanita2 lain yang tertipu seperti saya. saya sadari itu juga dampak dari keserakahan saya yang menginginkan barang – barang mahal

Trianike Nur Aini
ya allah, saya juga sama mbak. dia juga ngaku dari inggris dan kerja jadi tentara yang bertugas di irak. dia mau ngirim $250.000. trs katanya saya harus bayar 6 juta. tapi cm saya bayar stngahnya. trs suruh ngirim lagi 2 juta. eh katanya di tahan di pihak bea cukai trs srh ngirim 10 juta. tp gk saya kirim lagi. ya allah saya ditipu 5 juta. saya gk tau kalau itu penipuan.

Vivi
Vivi, misalnya. Dalam milis tersebut, Vivi kaget karena ternyata tidak hanya dirinya yang tertipu. vivi mengaku telah kehilangan uang US$ 7.000 atau Rp 63 Juta untuk seorang lelaki bule asal Inggris bermana Jason L yang dikenalnya di dunia maya.
“Saya berkenalan sama cowok UK dia bernama JASON L dia duda anak 2. Dia kirimkan paket buat saya, tapi tertahan di Malaysia. Isinya perhiasan, uang dan lain-lain. Dan saya benar-benar tertipu, saya kehilangan uang US$ 7.000,” begitu tulis Vivi pada 24 April lalu.

Setelah mengirimkan uang sebanyak itu, Vivi berusaha mengonfirmasi kebenaran paket-paket tersebut melalui situs kargo yang disebut Jason. Hasilnya, semua barang yang disebutkan Jason tercatat dan telah terkirim ke alamatnya.
“Tapi heran kenapa saya cek di www.unidelivery.com semuanya tercatat bahwa barang itu memang terkirim dan saya juga cek di operation@unidelivery.com untuk komplain barang yang nggak nyampai, tapi memang benar-benar penipu ulung,” kata Vivi.

Setelah saya simpulkan, bahwa penipuan ini ditargetkan kepada pria atau wanita yang berumur sekitar 35 ke atas. Dan korban paling banyak adalah para janda ataun duda. Sebagian kecil yang berumah tangga juga terkena penipuan semacam ini.

Baca Juga Inilah Fungsi Bagian Pada Keyboard dan Kegunaannya

Hal ini juga terjadi kepada anggota keluarga saya, saya harap ini tidak terjadi kepada kalian ataupun keluarga kalian. Ayo sebarkan, kemungkinan semakin banyak yang mempublikasikan dan membagikan informasi ini akan semakin banyak pula para korban yang bersuara untuk melaoprkan ke polisi. Berikut tipsnya Tips Menghindari Penipuan SweetHeart Scam

Bagikan Guys
24 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *