Cara Membuat Kabel Usb Extender Dari Kabel Lan

Kabel USB, Kabe LAN,
Kabel USB LAN

Kabel extender usb atau yang di Indonesia disebut sebagai kabel perpanjangan usb adalah kabel usb yang panjangnya dari 1 meter hingga puluhan meter.

Baca Juga Inilah Fungsi Bagian Pada Keyboard dan Kegunaannya

Kabel extender usb berfungsi untuk transfer data dari port usb komputer 1 dengan komputer lain. Kabel usb extender juga dapat dijadikan kabel data untuk menyambungkan modem ataupun usb wireless.

Tapi tidak semua brand usb extender mampu mentransfer data hingga berpuluh-puluh meter. Saya pernah membeli kabel usb extender yang panjangnya 5 meter, namun kabel usb extendernya hanya mampu transfer data saja. Tapi untuk transfer data jaringan tidak bisa, baik untuk modem ataupun usb wireless. Atau biasa disebut lose power atau dalam bahasa Indonesianya kehilangan kekuatan.

Nah untuk mengatasi hal saya memberikan tips untuk mengatasi loss power. Simak tutorial untuk membuat kabel usb extender dengan kabel LAN berikut ini.

Baca Juga 8 Penyebab SIM Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi (Error)

Bahan:
1. Usb extender yang ujungnya laki ama perempuan (masa ga ngerti :v).
2. Kabel LAN Belden, ukuran sesuai kebutuhan. Kabel LAN merk Belden paling harganya sekitaran 5000/meter.

Alat:
1. Pisau kecil atau cutter.
2. Lakban hitam atu bening.
3. Solder
4. Kawat solder

1. Potong kedua ujung kabel usb extender dengan pisau atau cutter, sisakanlah 10 cm atau lebih dari dari koneksi laki ama perempuan. Maksud saya jangan di potong sampai sambungan laki ama perempuannya, sisakanlah sedikit agar nanti kabel dapat disambung.

2. Kupas kabel hingga tembaganya terlihat, usahakan agak panjang agar nanti dapat disambung dengan kabel LAN. Kabel usb sendiri terdiri dari 4 warna, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Hati hati kabel usb, kabel tembaganya tipis.

3. Kupas kabel LAN seperti cara nomer 2. Tapi kabel LAN sendiri memiliki diameter ukuran kabel tembaga yang lebih besar daripada kabel usb. Dan kabel LAN sendiri memiliki 8 warna dan 4 pasang yaitu, putih oren-oren, putih hijau-hijau, putih biru-biru, putih coklat-coklat.

4. Nah jika semua sudah dikupas, sekarang saatnya menyambungkan.

Catatan warna kabel usb yang akan disambungkan kabel LAN:

1. Merah – (putih oren, oren)
2. Hijau – (hijau)
3. Putih – (putih hijau)
4. Hitam – (putih coklat, coklat, putih biru, biru)

Siapkan solder dan kawat solder. Bersihkan ujung besi solder sengan amplas, karena biasanya ujung besi solder masih ada bekas sisa kawat solder. Colokan kabel solder ke sumber listrik, dan tunggu hingga panas.

Nah setelah itu tinggal di sambungkan saja dengan solder keempat sambungan yang telah disebutkan tadi. Setelah disambungkan, bungkus dengan lakban agar tidak terjadi konsleting. Dan cek hasilnya apakah modem atau usb wireless terdeteksi atau tidak.

Kabel USB, Kabe LAN,

Mudah kan, jika ada pertanyaan seputar artikel ini silahkan tulis di komentar.

Baca Juga Cara Memperbaiki WIndows 10 Nge Blank Tanpa Install Ulang

Bagikan Guys
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *