Tips Menghindari Penipuan Nigerian SweetHeart Scam

Sebelumnya sudah saya bahas di Bahaya, Penipuan Kiriman Paket Dari Luar Negeri tentang penipuan yang dialami oleh beberap korban

Nigerian SweetHeart Scam, Scamming, Penipu, Kiriman Paket Luar Negeri, Kiriman paket, Orang asing ngirim paket, Bea Cukai
Ilustrasi pengiriman paket luar negeri

Berikut ini saya bagikan tips cara menghindari atau menangani penipuan Nigerian SweetHeart. Sindikat NIgerian SweetHeart Scam ini beroperasi di United Kingdoom Ini terbukti dari beberapa korban yang memberikan nomer selular dengan kode selular UK.

Indikasi
Beberapa korban yang tertipu sebagian besar berkenalan dengan pelaku lewat media sosial, dan kebanyakan dari Facebook. Para korban ada yang mengaku di inbox duluan atau diajak kenalan duluan oleh si bule penipu. Dan sebagian lagi ada yang meminta perkenalan duluan ke si bule.

Nigerian SweetHeart Scam, Scamming, Penipu, Kiriman Paket Luar Negeri, Kiriman paket, Orang asing ngirim paket, Bea Cukai

Setelah proses kenalan selesai, para korban akan digombal atau dirayu oleh si pelaku. Pelaku biasanya merayu para korbannya dengan kata-kata manis ataupun pujian-pujian, rayuannya cukup efektif higga membuat si calon korban terlena.

Berikutnya si pelaku akan meminta nomer hp anda atau wa anda. Dengan begini, si pelaku akan lebih leluasa chattingan dengan calon korban. Jika anda menemukan keluarga dekat anda yang tiba-tiba selalu megang hp dan selalu sibuk dengan chatnya tapi selalu sembunyi sembunyi hati-hati, anda harus mengetahuinya. Nah setelah kurang lebih 1 minggu ke atas si pelaku akan meminta untuk ditransfer uang dengan alasan-alasan berikut.

  • pelaku kirim barang dan calon korban dimintai uang untuk pembayaran bea cukai (katanya tertahan)
  • pelaku sedang membutuhkan uang (katanya kecelakaan,atau keluarganya sakit parah)
  • pelaku menitipkan uang, yang katanya akan mengunjungi korban dan ingin bertemu, untuk mengambil uang. Dan si korban boleh menggunakan sebagian besar uang yang dititipkan itu.
  • Pelaku menawarkan jasa investasi.
Dan jika keinginan pelaku tidak di turuti, mereka akan marah dengan alasan berikut.
  • Barangnya akan ditahan di bea cukai
  • Ada uang di paket, harus bayar kompensasi
  • Uang titip paket
  • Anda akan dikenakan sanksi
  • Anda akan dilaporkan pihak berwajib
Tips untuk mencegahnya berikut ini:
1. Jangan pernah mengirim pesan atau kenalan dengan orang asing yang tidak dikenal. Jika anda yang di ajak kenalan. Abaikan saja.
2. Jangan mau tertipu muka orang ganteng atau cantik di internet. Kebanyakan muka tersebut palsu, atau fake akun.
3. Jika anda mendapati nomer chating bule anda seperti +447, +448, dan +44 lainnya. Sudah jelas mereka penipu. Tapi ada sebagian yang sangat cerdik membuat cerita hingga mereka sampai menggunakan nomer malaysia dan negara-negara lain.
4. Laporkan polisi.
Tips jika anda sudah chatingan dengan indikasi seperti di atas.
1. Jika anda sudah terlanjur berkenalan dengan pelaku lihatlah update status ataupun tweet, foto dan informasi pribadi si bule. Lihatlah apakah orang bule teraebut terlihat memiliki banyak teman dengan cara lihat di statusnya apakah ada yang berkomentar, apakah mereka seling berbicara ringan dan akrab. Ini akan menunjukan bahwa si pelaku bukan fake akun.
2. Ajaklah webcam kamera, karena ini pelakunya mengarah ke Nigerian SweetHeart Scam maka pelaku kemungkinan besar akan memalingkan wajah atau tidak mau diajak webcam. Mungkin mereka takut bahwa mereka oeang berkulit hitam tak seperti bule yang ada di gambar.
3. Jika pelaku mulai menunjukan meminta transfer uang, abaikan saja. Modusnya seperti yang saya katakan di atas. Anda lebih baiknya menunjukan kalo anda orang yang tidak mampu atau pas pasan. Kalo bisa sih anda yang minta uang :v.
4. Jika anda tak mentransfer uang yang diminta, dan anda diancam. Abaikan dan jangan panik. Ada beberapa korban panik dan langsung bayar.

5. Bila anda sudah terlenjur bayar, ancamlah, dengan mengancam akan dilaporkan polisi (tapi saya belum mendegar apakah cara ini berhasil, tapi kemungkinan mereka akan pasang badan daripada mengembalikan uang). Tapi tidak apa-apa laporkan saja, mereka yang terlanjur anda kirimkan uang toh orang Indonesia juga, semoga polisi bisa melacak mereka. Menurut para kesaksian para korban. Para korban ditelpon oleh pihak bea cukai ataupun pihak kargo dengan. Dan yang menelponnya orang Indonesia, Dan banyak pula yang ditelpon oleh seorang wanita Indonesia yang menggunakan provider Indosar.

5. Laporkan polisi.
Kebanyakan korban dari Nigerian SweetHeart adalah janda dan duda. Tapi ada sebagian pria dan wanita umur 20-30 kena juga. Ada juga suami atau istri yang sudah berkeluarga juga terjerat scammers ini. Dan saya yakin orang di Indonesia yang juga terlibat berperan sebgai bea cukai, kargo, dll itu adalah orang Indonesia. Jadi kemungkinan bisa dilacak,

Hal ini juga terjadi kepada anggota keluarga saya, saya harap ini tidak terjadi kepada kalian ataupun keluarga kalian. Ayo sebarkan, kemungkinan semakin banyak yang mempublikasikan dan membagikan informasi ini akan semakin banyak pula para korban yang bersuara untuk melaoprkan ke polisi.

Bagikan Guys

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *