Cara Membongkar Pasang Layar LCD / LED Laptop

Apakah terpikirkan bagaimana tukang servicenya laptop / komputer memperbaiki perangkat komputer ? Sebenarnya sobat juga bisa membongkar laptop / komputer.

Bisa ? Ok saya bagikan pengalaman saya dalam artikel kali ini.

Melepas layar monitor cukup mudah. Tapi bagi orang awam mungkin cukup sulit. Karena orang2 kita ini masih menganggap barang semacam gadget adalah barang yang berharga, jadi sayang untuk dioprek. Jika sobat ingin mengganti / mombongkar pasag layar LCD / LED Laptop sobat sendiri silahkan ikuti tutorial berikut. Karena dibandingkan mengganti di tempat service, mendingan ganti sendiri. Karena di tempat service mematok harga 300K untuk pemasangannya saja.

Cara melepas lcd / LED layar laptop

Pertama, pastikan charger dan baterai terlepas dari laptop. Jika sudah gunakan klip gitar, bekas kartu provider, obeng min atau benda yang sekiranya dapat untuk mencongkel kasing layar Laptop. Jika ada beberapa pengait yang patah itu sudah biasa, jangan di khawatirkan hal itu. Karena masih banyak pengait yang tersisa, asalkan sobat lepas perlahan tidak banyak pengait yang lepas kok. Nah itu mengapa bagian ini sering menjadi ke khawatiran seseorang dalam membongkar Laptop / Komputer.

Mmebngkar Laptop, Melepas layar monitor laptop, memperbaiki layar minitor laptop
Pembongkaran layar laptop

Kedua, jika sudah lepas maka akan terlihat layar monitor yang masih di tarkunci oleh skrup/baut. Biasanya ada 2 model layar monitor

  1. Model kuping kanan kiri (skrup/baut di kanan kiri)
  2. Model kuping atas bawah (skrup/baut di atas bawah)

Silahkan sobat baca model model layar LCD / LED Laptop

Silahkan sobat copot skrup dengan obeng yang sesuai. Jika sobat ingin membongkar LCD / LED Laptop saja tidak perlu membongkar motherboard.

Ketiga, jika sudah terlihat kabel LCD / LED silahkan copot kabel yang menuju ke LCD / LED. Biasanya kabelnya tersambung ke slot inverter. Inveter sendiri biasanya berupa papan PCB panjang yang dibungkus.

Keempat, jika sudah terlepas silahkan ganti LCD / LED sobat  dan pasangkan kembali kabel fleksibelnya. Jangan lupa untuk merapihkan kabel fleksibelnya di pengaitnya.

Kelima, pasang kembali layar monitor dengan skrup tadi. dan jika sudah terpasang pasangkan juga kasing / pembungkus layarnya.

Nah jika sobat bisa menggantinya sendiri toh ngapain lagi ke tempat service. Mending 300K buat hal yang lain.

Bagikan Guys

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *