Install OBS Studio di Kali Linux dan Distro Debian Lainnya

Udah lama nih admin gak nulis artikel, sampe bingung nih admin mau mulai dari mana. Ok sebagai pecinta opensource kali ini admin mau kasih tau cara install OBS Studio di Linux. Pada tutorial kali ini admin menggunakan Kali LInux 2020.

OBS Studio for Linux, OBS Studio, software perekam layar gratis, perekam layar, linux, open source
OBS Studio
Sebelumnya udah tau dong OBS itu apa. OBS Studio adalah software perekam layar gratis yang the best pokoknya. Udah gratis gak ada watermark lagi. Software ini tentunya rekomen banget untuk jalian yang butuh perekam layar gratis. Apalagi software ini mendukung 3 operasi sistem utama dari Linux, Windows dan Mac OS.
Untuk menginstall si OBS di pc kalian yang berbasis Linux, sialahkan pergi ke halaman official dari si OBS ini di obssite. Nah jika kalian pergi ke halaman instruksi instalasi Linux silahkan ke sini. Untuk Windows mungkin tinggal download. Tapi untuk distribusi Linux, kalian bakal install si OBS Studio ini menggunakan jaringan internet, karena kita akan mendownload online dari repositorinya. Jika kalian pengguna Linux turunan Debian maka kalian bisa mengikuti instruksi berikut ini.
Kalo kalian pengguna Ubuntu gak usah repot repot lagi nyari repo dan install yang ini itu. Karena Ubuntu sendiri sudah sangat lengkap repositorinya. Yang pertama kalian harus install ffmpeg. Singkat cerita ffmpeg adalah library audio video.
sudo apt install ffmpeg
yang kedua, bila belum ada repositori OBS kalian bisa menambahkannya.
sudo add-apt-repository ppa:obsproject/obs-studio
Setelah itu tentunya kita update repositori kita.
sudo apt update
Setelah itu tinggal install si OBS Studionya.
sudo apt install obs-studio
Nah di atas adalah tutorial untuk pengguna Ubuntu dan LinuxMint juga bisa.

Install OBS Studio untuk pengguna Debian

Untuk pengguna Debian 9.0 atau terbaru bisa ikuti langkah-langkah berikut ini. Yang pertama pastikan repositori kalian sudah up to date.
sudo apt update
Berikutnya kalian harus install ffmpeg bagi yang belum terinstall.
sudo apt install ffmpeg
Dan berikutnya install OBS Studionya”
sudo apt install obs-studio
Install OBS Studio untuk pengguna Kali LInux
Jadi disini admin menggunakan Kali Linux 2020.2. Dan admin menggunakan repositori Kali Linux dari halaman official. Ya karena si Kali LInux ini basenya dari Debian jadi ga beda jauh proses instalasinya. Yang pertama kalian tambahkan repositori.

OBS Studio for Linux, OBS Studio, software perekam layar gratis, perekam layar, linux, open source
kali@kali:~$ echo “deb http://http.kali.org/kali kali-rolling main non-free contrib” | sudo tee /etc/apt/sources.list
Setelah ditambahkan, tentunya update reposoitori lokal kita.
sudo apt update
Berikutnya install ffmpeg.
sudo apt install ffmpeg
Jika ffmpeg sudah di install langkah ketiga adalah install OBS Studio.
sudo apt install obs-studio

Cara Install ffmpeg

Oh iya buat kalian yang punya masalah instalasi ffmpeg yang tidak ada di repositorinya. Kalian bisa install secara manual si ffmpegnya. Caranya mudah kok. pertama kalian harus download dulu si ffmpegnya di download ffmpeg untuk mau lihat lihat tentang ffmpeg kunjungi halaman webnya di web ffmpeg. Dan untuk instalasi ffmpeg gampang untuk distro Linux perhatikan tutorial berikut ini.
Pertama download file dari link yang sudah disediakan sebelumnya
Kedua ekstrak file, bisa klik kanan ekstrak disini (jika distro mendukung). Atau juga bisa dengan cara manual menggunakan terminal dengan cara.
tar -xvjf ffmpeg-snapshot.tar.bz2
Setelah itu otomatis file langsung ke ekstrak di tempat file kompres sebelumnya. Setelah file di ekstrak, langkah kedua ialah buka terminal di folder hasil ekstrak. Misal hasil ekstrak di lokasi download.
cd ~/Unduhan/ffmpg/ffmpgekstrak”
Kedua tinggal kita lakukan proses compile. Ikuti ketikan perintah berikut per proses.
./configure
sudo make
sudo make install
Tunggu per proses ya, jalankan perintah satu persatu. Udah deh setelah itu tinggal nambah repo dan jalankan perintah install OBS Studio.
Bagikan Guys

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *