Apa Itu File Aplikasi Appimage di Linux

Apakah kalian pengguna Linux yang baru hijrah dari Windows. Admin yakin, beberapa orang yang menemukan artikel ini adalah seorang newbie Linuxer. Sama kaya admin waktu dulu, baru download program eh tutorialnya install sampe buka tab browser sampe penuh.

Apa itu Paket Manajemen

Asal kalian tahu, sebenernya yang kalian install itu adalah Paket Manajemen Linux. Paket Manajemen Linux adalah software yang hanya dapat bekerja sesuai dengan Linux Distro tertentu.

Baca Juga: Cara Menjalankan Linux di Android Tanpa Root Menggunakan Limbo

Jenis Jenis Paket Manjemen Linux

Ternyata banyak paket managemen Linux. Dan setiap ekstensi programnya telah disesuaikan oleh pembuat distro Linux. Sebut saja seperti Debian file programnya .deb, Red Hat .rpm, Arch Linux .pacman, dan Slackware .tgz atau .txz,

Paket Manajemen .appimage

Cara menginstall .appimage, File .appimage, Cara menjalankan .appimage, .appimage
file executable Linux .appimage

Paket Menejemen .appimage ini adalah file yang dapat berjalan / run tanpa harus menginstallnya. Karena file ini tidak berjalan dalam sistem. FIle berekstensi .appimage ini juga dapat berjalan untuk hampir Linux. Seperti yang admin kutip dari situsnya .appimage.

“Distribute your desktop Linux application in the AppImage format and win users running all common Linux distributions. Package once and run everywhere. Reach users on all major desktop distributions.” Dikutip dari laman resminya .appimage.

Baca Juga : Daftar Operasi Sistem Linux yang Digunakan Google

Jadi sobat hanya dapat menjalankan, mengoperasikan dan menutup program seperti pengkuan mereka yang admin kutip berikut ini.

“Download an application, make it executable, and run! No need to install. No system libraries or system preferences are altered. Can also run in a sadbox like Firejail.” Seperti yang dikutip dari laman resmi mereka

Tentu saja hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri. Sobat tak perlu lagi menyimpan data installan ke sistem. Dengan hal ini sobat dapat mengurangi kinerja dari ruang penyimpanan.

Seorang dan sekelas Linus Torvalds juga memuji pengembangan .appimage. Ia merasa sangat terkesan dengan inovasi .appimage yang effisien.

Bahkan sekarang ini sudah banyak software yang berekstensi .appimage. Admin sudah coba dua software yaitu Inkscape dan KdenLive. Mereka sendiri juga menyebut beberapa software dengan nama besar yang sudah tersedia Paket .appimage

“Many upstream projects like Krita, Subsurface, MuseScore, KDevelop, and digiKam have started to provide AppImages directly on their download pages. More AppImages for other applications like Atom, Arduino, Blender, Chromium, Firefox, LibreOffice, and QCAD can be downloaded here (64-bit).

Keuntungan Paket Manajemen .appimage

rootDengan adanya Paket Manajemen .appimage ini akan memudahkan penggunaan Linux. Tentu saja hal ini akan membuat lingkungan desktop Linux semakin ramah bagi pengguna baru. Selain itu .appimage dapat mengirit waktu yang terbuang untuk instalasi software. File .appimage sangat aman, karena tidak berjalan dalam sistem.

Baca Juga : Mengenal Linus Torvalds, Bapak Linux

Kekurangan Paket Manajemen .appimage

Kekuarang pada Paket Manajemen ini adalah ketika sobat menginstallnya, maka software tidak akan masuk kedalam pencarian sistem. Karena tidak ada foldernya maka akan masuk ke sistem Linux sobat.

Kesimpulan

File .appimage adalah ekstensi file program di Linux yang dapat langsung dijalankan tanpa harus menginstallnya. Untuk software yang biasa saja masih bisa berkestensi .appimage. Kalo file program sistem pasti akan meminta akses root, dan kemudian akan menuliskan librarynya ke sistem.

Sudah mengerti kan sekarang apa itu file.appimage. Kalian bisa tonton video bagaimana cara menginstallnya di Youtube

Bagikan Guys

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *