Cara Memperbaiki Kali Linux yang Tidak Bisa Booting Setelah Upgrade

Hi guys, kali ini admin exppoin akan membagikan cara bagaimana memperbaiki Kali Linux yang tidak bisa booting. Jadi ketika kalian gagal upgrade lalu melakukan booting pasti Linux kalian tidak bisa booting.

cara memperbaiki kali linux tidak bisa booting "Oh tidak ! Sesuatu yang tidak diinginkan telah terjadi. Terjadi masalah dan sistem tidak dapat dipulihkan. Silahkan kontak administrator sistem." "Oh! no something has gone wrong, A problem has occurred and system can't recover. Please contact a system administrator. "
“Oh tidak ! Sesuatu yang tidak diinginkan telah terjadi. Terjadi masalah dan sistem tidak dapat dipulihkan. Silahkan kontak administrator sistem.” “Oh! no something has gone wrong, A problem has occurred and system can’t recover. Please contact a system administrator. “

Permasalahan ini karena proses upgrade yang kalian lakukan gagal. Contohnya ketika kalian sedang melakukan proses upgrade, tapi tiba-tiba komputer kalian shutdown tanpa menyelesaikan proses upgrade.

Baca juga Cara Install Steam di Linux Distro Debian

File yang gagal upgrade akan menjadi file korup yang membuat sistem gagal mengenali file sistem ketika booting. Sehingga ketika kalian booting kalian hanya bisa menjalankan mesin kalian hanya sampai boot logo biasanya dan tidak bisa masuk log in sistem.

Untuk cara memperbaiki masalah tersebut admin exppoin memiliki solusinya.

Cara Memperbaiki Kali Linux Tidak Bisa Booting Setelah Upgrade

Pertama kalian log in os kalian seperti biasa. Tapi ketika di bagian grub Linux, kalian pilih mode advanced

Keduan kalian pilih recovery mode untuk memperbaiki sistem kalian.

Setelah itu kalian pasti akan menemukan pemberitahuan “Oh tidak ! Sesuatu yang tidak diinginkan telah terjadi. Terjadi masalah dan sistem tidak dapat dipulihkan. Silahkan kontak administrator sistem.” “Oh! no something has gone wrong, A problem has occurred and system can’t recover. Please contact a system administrator. ” Kalian bisa menekan tombol alt+(f2+fn) untuk login sebagai root.

Baca juga Cara Bermain Game CSGO di Linux

Kedua setelah kalian masuk sebagai root, kalian bisa menjalankan perintah

sudo dpkg –configure -a

Stelah itu akan ada beberapa pilihan

Pilihan Y kalian akan melanjutkan instalasi versi Kali Linux yang sudah kalian upgrade (didownload)

Dan jika pilihan N kalian akan mempertahankan versi sebelumnya, yaitu sebelum kalian upgrade.

Dua pilihan (Y) atau (N) sama sama melakukan konfigurasi ulang. Bedanya jika (Y) kalian akan melakukan konfigurasi ulang dengan sistem terbaru yang telah upgrade dan pilih (N) kalian akan dikonfigurasikan dengan file sistem lama sebelum upgrade.

Baca juga Install OBS Studio di Kali Linux dan Distro Debian Lainnya

Setelah konfigurasi selesai, kalian akan bisa kembali mengakses desktop Linux kalian. Jadi kalian tidak perlu menginstall ulang untuk memperbaiki Linux kalian yang tidak bisa booting.

Video lengkapnya sudah admin exppoin siapkan.

Referensei https://askubuntu.com/questions/1183210/login-loop-on-ubuntu-19-10

Bagikan Guys

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *