Sudah Rilis, Ini Fitur Baru Gnome 40 Terbaru

Seperti yang akan segera kalian lihat, masih banyak lagi yang perlu dibahas. Admin akan membahas fitur baru GNOME 40 terbaru apa yang dibawa oleh rilis baru GNOME 40.

gnome40, gnome40indonesia
Gnome 40 sudah dirilis

Dirilis pada 24 Maret 2021, GNOME 40 adalah versi pertama dari lingkungan desktop open source yang menggunakan sistem penomoran baru. (rilis sebelumnya adalah v3.38) dan mendukung toolkit GTK 4 yang baru dirilis.

Fitur Baru GNOME 40

Tampilan Baru GNOME 40

https://www.omgubuntu.co.uk/2021/03/gnome-40-new-features

Masuk ke GNOME 40 untuk pertama kalinya terasa seperti sesuatu yang sangat asing karena segala sesuatunya terlihat sangat berbeda.

Kalian tidak akan menemukan desktop yang kosong di versi terbaru ini. GNOME 40 memperlihatkan kepada kalian tampilan Aktivitas yang didesain ulang secara default. Ini membantu kalian untuk produktivitas dan membantu kalian mempelajari tata letak baru.

Ruang kerja horizontal dan posisinya di tengah-tengah desktop. kalian dapat berpindah di antara ruang kerja menggunakan mouse. Jendela aplikasi yang sedang berjalan menampilkan ikon aplikasi di jendelanya. Dan tergantung ukurannya, dapat ‘tumpang tindih’ di tepi setiap ruang kerja.

Dasbor sekarang berada di bagian bawah layar. Favorit-bar-come-dock sekarang menunjukkan pemisah antara aplikasi favorit (yaitu disematkan) dan yang berjalan tetapi tidak disematkan.

Peluncur aplikasi sekarang slide up dari bagian bawah layar (membuat ruang kerja menjadi tersudutkan, dengan thumbnail yang bisa di drag dan dukungan drop). Peluncur aplikasi, yang tetap dapat disesuaikan sepenuhnya melalui seret dan lepas, mendukung paging horizontal.

Meskipun perubahan tata letak ini mungkin terlihat dramatis, admin harus menekankan bahwa alur kerja GNOME Shell sebagian besar tetap tidak berubah. Ada layar ikhtisar tersembunyi dengan bilah favorit yang dapat dikonfigurasi dan peluncur aplikasi. Banyak ruang kerja dan akses ke pencarian masih tinggal menekan satu tombol.

Jika kalian terbiasa dengan GNOME Shell 3.30 dan yang lebih baru, kalian tidak akan mengalami masalah untuk memahami semua fitur trbaru GNOME Shell 40.

Perubahan Visual

Kalian akan melihat banyak sudut membulat di GNOME 40, termasuk pada pengalih ruang kerja, tanda hubung, dan status item ‘aktif’ di ailah atas. Kalian juga akan menemukan sudut bawah yang baru dibulatkan di banyak aplikasi GNOME inti, termasuk System Monitor , Characters , dan Nautilus .

Perombakan jari-jari adalah sentuhan aestetik, tetapi menurut admin hal ini memberikan tampilan antarmuka desktop yang lebih lembut dan kesan modern.

Perubahan visual lainnya termasuk scrollbar yang lebih besar di aplikasi GTK 3 dan GTK 4; nama aplikasi yang terpotong di peluncur aplikasi meluas saat mengarahkan kursor; penambahan ikon aplikasi di pemilih jendela; dan penghapusan ‘panah menu aplikasi’ dari bilah atas saat memfokuskan aplikasi.

Dua aplikasi, Software dan aplikasi Web , memiliki ikon baru, dan wallpaper Adwaita (tidak digunakan secara default di sebagian besar distro) telah diperbarui.

Tampilan Gestur Ruang Kerja Baru

Keputusan GNOME untuk berpindah dari ruang kerja vertikal (tetap) ke ruang kerja horizontal (dinamis) adalah perubahan fitur GNOME 40 yang paling signifikan dalam rilis ini.

Bagi yang suka ruang kerja vertikal mungkin menganggap perubahan ini terlalu berlebihan. Tetapi secara funsional berhasi memindahkan ruang kerja ke kiri / kanan terasa lebih intuitif di GNOME 40 daripada bergerak ke atas / ke bawah.

Gerakan panel sentuh baru untuk menavigasi ruang kerja dan masuk / keluar dari tinjauan umum diaktifkan secara default di GNOME 40.

Gesek tiga jari ke kiri atau kanan bergerak di antara ruang kerja, sementara gerakan tiga jari ke atas masuk ke Ikhtisar dan, jika Anda terus mendorong, memperluas peluncur aplikasi. Seret tiga jari ke arah positif akan mengembalikan Anda ke ruang kerja yang Anda pilih.

Pengguna keyboard? Tekan Super+ Alt+ untuk masuk ke ikhtisar, dan sekali lagi untuk membuka peluncur aplikasi. Tekan Super+ Alt+ atau escuntuk menutup peluncur aplikasi (jika terbuka) dan sekali lagi untuk keluar dari gambaran umum. Anda dapat menggunakan Super+ Altplus panah kiri / kanan untuk berpindah di antara ruang kerja.

Pengguna mouse perlu menekan  Super +  Alt dan menggulir roda gulir mouse untuk berpindah antar ruang kerja.

Nautilus Aplikasi File Manager

Program file aplikasi (alias Nautilus) memiliki perubahan baru di GNOME 40 mencakup kemampuan untuk file urutkan berdasarkan tanggal pembuatan; transfer file dan perkiraan salinan yang lebih akurat; dan penyelesaian tab di bilah entri lokasi.

Saat mencoba menyalin atau memindahkan file ke suatu tempat dengan file yang sudah ada dengan nama yang sama. Anda sekarang mendapatkan opsi untuk mengganti nama file yang sedang dipindahkan; dan .zipfitur ekstraksi bawaan sekarang mendukung .zipfile yang dilindungi kata sandi.

Perombakan preferensi Nautilus membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan mencari pengaturan tertentu. Kalian akan melihat pratinjau kecil saat mengatur menu klik kanan wallpaper Nautilus. Dan sekarang ada opsi untuk mengklik kanan pada biner aplikasi dan memilih opsi ‘Jalankan sebagai Program’ .

Cuaca

Alat Cuaca GNOME adalah salah satu aplikasi cuaca terbaik untuk desktop Linux – dan sekarang bahkan lebih baik! Aplikasi ini telah diubah total untuk GNOME 40 dengan desain baru yang memukau yang menyampaikan lebih banyak informasi prakiraan dengan lebih jelas daripada sebelumnya.

Pilih dari dua tampilan inti, prakiraan per jam yang menampilkan kondisi, tertinggi / terendah, dan suhu selama 48 jam ke depan; dan yang menunjukkan prakiraan umum untuk 9 hari mendatang.

Maps

Peta GNOME 40 membuat terobosan baru dengan menyegarkan tampilan ‘gelembung tempat’ (yang menampilkan informasi terkait untuk lokasi atau lokal tertentu menggunakan informasi yang diperoleh dari Wikipedia, OpenStreetMap, dan lainnya. Gelembung tempat yang dirubah juga berfungsi dengan baik pada perangkat seluler juga.

Browser Web

Web (juga dikenal sebagai Epiphany) bukanlah browser web utama admin, tetapi dengan setiap rilis substantif, kenyataan itu semakin dekat. Web 40 menampilkan bilah tab yang dibangun kembali (yang lebih cocok untuk aktivitas web modern).

Selain menjadi lebih baik ™ daripada sebelumnya, fitur ini menambahkan beberapa fitur baru yang rapi seperti indikator yang belum dibaca, tab yang disematkan dengan benar, seret dan lepas yang berfungsi, dan banyak lagi.

Terakhir, sebagai catatan bagi penggemar saran otomatis Google, Web dapat dikonfigurasi untuk menampilkan saran penelusuran sebagai jenis informasi. Namun, ini tidak diaktifkan secara default.

Perangkat Lunak GNOME. Bukan aplikasi GNOME yang paling diperjuangkan tetapi merupakan roda penggerak yang penting. Untuk GNOME 40 alat ini menggunakan logika pembaruan baru (untuk mengurangi jumlah pengingat yang kurang penting).

Korsel ‘aplikasi unggulan’ baru melakukan pekerjaan luar biasa dalam menyoroti perangkat lunak. Korsel secara otomatis berpindah di antara slide yang berbeda, mendukung gerakan sentuh, dan menampilkan nama aplikasi dan uraian singkat tentang apa yang dilakukan aplikasi. Slide juga dibuat secara otomatis berdasarkan data yang tersedia.

The Selain sejarah versi pada laman aplikasi daftar membuatnya mudah untuk melihat apa yang berubah dalam perangkat lunak favorit Anda, termasuk perangkat lunak yang diinstal dari Flathub.

Tulis Kunci

Tidak semua perubahan yang ditemukan di dalam GNOME 40 sejelas di atas. Satu perubahan kecil yang dapat berdampak besar pada pengguna yang perlu memasukkan karakter khusus (misalnya, ™, °, dll) atau huruf beraksen adalah dimasukkannya tombol Tulis yang dapat dikonfigurasi .

Kunci tulis tidak diaktifkan secara default. Kalian perlu menyalakannya melalui Pengaturan> Keyboard dan menetapkan tombol (pada keyboard kalian) untuk bertindak sebagai pemicu penulisan kalian. Setelah ini kalian tinggal menekan tombol tulis dan mengetik kombinasi tombol tulis .

Misalnya, menyetel left altkunci sebagai kunci tulis saya. Untuk mengetikkan simbol hak cipta “©” admin hanya perlu memfokuskan bidang teks yang valid dan tekan left altuntuk ‘memulai’ penulisan, lalu ketik huruf besar Cdan kecil ountuk membuat karakter “©”.

Pengaturan Tweaks

Setiap lingkungan desktop yang baik membutuhkan aplikasi Pengaturan yang ringkas namun komprehensif untuk menggabungkan semuanya. GNOME 40 terus berupaya untuk membersihkan dan merampingkan panel kontrol, membuat opsi yang biasa diakses lebih mudah ditemukan.

Bagian Wi-Fi lebih mudah digunakan karena ikon enkripsi jaringan ditampilkan di samping ikon indikasi sinyal. Dan daftar jaringan menempatkan jaringan yang diketahui (yaitu, jaringan yang terhubung sebelumnya) di bagian atas daftar untuk akses yang lebih cepat.

Perbaikan pengaturan pintasan keyboard sudah diatur dalam kelompok yang lebih kecil, dengan bidang pencarian menjadi lebih terlihat (dan dengan demikian akan sangat berguna). Pengaturan sumber input juga telah dipindahkan dari bagian Region & Bahasa ke Keyboard , yang lebih masuk akal.

Terakhir, masuk ke Pengaturan> Tentang untuk mempelajari lebih banyak info tentang perangkat Anda? Di GNOME 40, halaman Tentang sekarang menunjukkan vendor perangkat keras dan nomor / nama model perangkat keras (jika tersedia).

Perubahan lainnya

Ada beberapa pembaruan kecil di GNOME 40, beberapa di antaranya di beritahukan di situs mini resmi GNOME 40 yang diluncurkan untuk merayakan rilis tersebut

Informasi lengkap tentang veris terbaru GNOME 40 bisa kalian lihat di https://help.gnome.org/misc/release-notes/stable/

Cobain GNOME 40 Yuk

Anda dapat mengunduh gambar OS GNOME untuk mencoba fitur baru GNOME 40 sebelum rilis stabilnya. Perlu diingat bahwa image OS GNOME tidak dimaksudkan untuk “diinstal” dan digunakan seperti distro biasa. Ini adalah distro sampel bukan untuk penggunaan harian.

Selain itu kalian bisa mencobanya dengan menginstall Fedora 34 dan OpenSuse yang sudah menerapkan GNOME 40.

Referensi : https://www.omgubuntu.co.uk/2021/03/gnome-40-new-features

Bagikan Guys

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *